Layanan Penyusunan Standar Kompetensi Jabatan

Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 7 Tahun 2013 tentang Pedoman Penyusunan Standar Kompetensi Manajerial Pegawai Negeri Sipil, menjadi penanda pentingnya Standar Kompetensi dalam pengangkatan PNS pada jabatan tertentu. Melalui Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, secara umum, pemerintah juga telah mengatur mengenai kompetensi tenaga kerja agar diperhatikan sedemikian rupa oleh organisasi agar terus ditingkatkan sesuai dengan bakat, minat dan kemampuannya.

Standar Kompetensi Jabatan menjadi pijakan penting dalam memperoleh, menempatkan dan mengembangkan tenaga kerja agar sejalan dengan arah strategis organisasi. Kompetensi adalah seperangkat karakteristik (pengetahuan, keterampilan, dan sikap) mendasar yang menyebabkan dan dapat menjadi prediktor terkait kinerja yang dibutuhkan agar efektif dan atau superior dalam menjalankan suatu jabatan (Spencer & Spencer, 1993). Untuk itu, perlu ditetapkan suatu standar kompetensi terhadap jabatan dalam rangka mencapai obyketivitas dan kualitas pengangkatan tenaga kerja dalam jabatan.