SEJARAH SINGKAT dan LEGALITAS ORGANISASI

Akhir tahun 2015, berawal dari kebutuhan masyarakat di Kalimantan Selatan, secara khusus instansi-instansi pemerintahan yang membutuhkan badan atau organisasi yang dapat Bekerjasama atau memfasilitasi kegiatan asesmen kompetensi kepegawaian (assessment center) dari Universitas Lambung Mangkurat dan kebutuhan internal dari Universitas Lambung Mangkurat sendiri. Jajaran pimpinan Universitas memandang perlu dibentuk lembaga yang memiliki Dasar Kuat, Dapat Dipercaya dan Dapat Dipertanggungjawabkan, baik dari segi Aturan Administratif Kerjasama, Keuangan, Hukum dan Keorganisasian serta Proses penyelenggaraan maupun Hasil asesmen itu sendiri, maka dibentuklah Pusat Pelayanan Asesmen Kompetensi Universitas Lambung Mangkurat melalui Keputusan Rektor Universitas Lambung Mangkurat Nomor 229/UN8/KP/2016 tentang Pembentukan Pusat Studi/Kajian/Pelayanan Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat Universitas Lambung Mangkurat. Hal ini guna mengantisipasi rawannya Gugatan terhadap penyelenggaraan dan hasil asesmen sebagai instrumen pengambilan keputusan, utamanya di Pemerintahan.

Pembentukan badan/organisasi Pusat Pelayanan Asesmen Kompetensi Universitas Lambung Mangkurat (PPAK ULM) memiliki dasar yang kuat sebagai badan yang resmi bahkan Satu-satunya yang resmi sebagai organisasi di bawah ULM yang berfungsi melakukan pelayanan baik Asesmen Kompetensi Kepegawaian / Assessment Center maupun pengembangan soft competencies SDM, oleh karena telah berdasarkan pertimbangan dan penyesuaian dengan Permenristekdikti No. 42 Tahun 2015 tentang Organisasi Tata Kerja Universitas Lambung Mangkurat, Permenristekdikti No. 51 Tahun 2015 tentang Tata Naskah Dinas di Lingkungan Kemenristekdikti dan Permenristekdikti no. 43 Tahun 2016 Tentang Statuta Universitas Lambung Mangkurat. PPAK ULM berkedudukan di Universitas Lambung Mangkurat, melalui LPPM ULM.