PPAK LPPM ULM Laksanakan Uji Kompetensi Assessment Center terhadap 5 Calon Sekda Balangan

Banjarmasin – Sebanyak lima (5) calon Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Balangan yang telah lolos seleksi administrasi mengikuti kegiatan asesmen di gedung LPPM ULM, Selasa (07/09/2021). Pelaksanaan asesmen ini sendiri merupakan kerjasama dari Pemkab Balangan dalam hal ini BKPSDM dan Pusat Pelayanan Asesmen Kompetensi (PPAK) LPPM ULM. Adapun 5 calon sekda tersebut yakni Dr. Akhriani, S.Pd., M.AP (Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Sekretariat Daerah), Erwan Mega Karya Latief, S.KM., M.Kes (Assisten Perekonomian Dan Pembangunan), Rakhmadi Yusni, S.Sos., M.AP (Kepala Badan Perencanaan Daerah Penelitian Dan Pengembangan), Rudiansyah Sofyan, S.Hut., ME (Kepala Dinas Perhubungan), dan Sutikno, M.AP (Inspektur Inspektorat). Mereka bersaing untuk mengisi jabatan Sekda di Lingkungan Pemkab Balangan.  

Dijelaskan oleh Koordinator PPAK LPPM ULM M. Syarif Hidayatullah bahwa pelaksanaan asesmen mengacu pada Peraturan yang dikeluarkan oleh Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan RB) dan Kepala Badan Kepegawaian Negara. Dalam asesmen ini, para peserta digali potensi serta kompetensi baik manajerial maupun sosio kulturalnya. Kegiatan dilaksanakan dengan metode assessment center terdiri dari tes tertulis dan terutama simulasi-simulasi serta ditambahkan dengan wawancara kompetensi.

Lebih lanjut, disampaikan terimakasih kepada Pemkab Balangan dalam hal ini BKPSDM kembali memercayakan kegiatan asesmen seleksi calon pejabatnya kepada PPAK LPPM ULM, sambungnya.