LIMA PEJABAT CALON SEKDA BARITO KUALA JALANI ASESMEN (UJI) KOMPETENSI

BANJARMASIN. Setelah dinyatakan lulus pada seleksi administrasi oleh Panitia Seleksi (Pansel), berikutnya para peserta yang berkompetisi memperebutkan jabatan Sekda Kabupaten Barito Kuala menjalani uji kompetensi Assessment Center, Kamis (01/04) kompetensi manajerial dan sosial kultural. Asesmen digelar selama sehari penuh oleh Pusat Pelayanan Asesmen Kompetensi Universitas Lambung Mangkurat.

Adapun lima pejabat tersebut yakni Akhmad Wahyuni yang saat ini menjabat Kadiskominfo, Ardiansyah yang saat ini menjabat Kepala BPPRD, Zulkipli Yadi Noor yang saat ini menjabat Kepala Bapppelitbang, Samson yang saat ini menjabat Kepala BPKAD dan yang terakhir Suyud Sugiono yang saat ini menjabat Staf Ahli Bupati Bidang Politik dan Pemerintahan.

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Barito Kuala Drs. H. Akhmad Mawarni, M.Pd mengatakan saat pembukaan kegiatan, dalam rangka Seleksi Terbuka JPT Sekda Kabupaten Barito Kuala, maka perlu dilakukan penilaian kompetensi atau assessment, BKPP melakukan kerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Pusat Pelayanan Asesmen Kompetensi ULM untuk mendukung terlaksananya kegiatan tersebut.

Sementara itu, Koordinator Pusat Pelayanan Asesmen Kompetensi (PPAK) LPPM ULM M. Syarif Hidayatullah, M.Psi., Psikolog menerangkan bahwa selama asesmen ini peserta menjalan sejumlah tes dan simulasi termasuk diskusi kelompok dan wawancara kompetensi melalui metode assessment center. Tahapan asesmen adalah salah satu tahapan yang harus diikuti peserta seleksi sebagaimana amanah Undang Undang dan diturunkan dalam Peraturan Menpan RB, begitu pula aspek-aspek yang dinilai juga telah diatur.