Asesmen (Uji) Kompetensi Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Barito Utara Tahun 2020

Banjarmasin – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Barito Utara bekerjasama dengan Pusat Pelayanan Asesmen Kompetensi (PPAK) LPPM ULM, menyelenggarakan kegiatan Asesmen (Uji) Kompetensi Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Barito Utara tahun 2020. Kegiatan ini dilaksanakan di salah satu hotel berbintang di Banjarmasin pada tanggal 17 – 18 Desember 2020, dengan dihadiri sebanyak 53 peserta.

Hadir Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Lambung Mangkurat Prof. Dr. Ir. H. Danang Biyatmoko, M.Si. Beliau berterimakasih atas kerjasama Barito Utara kepada ULM dalam menggelar kegiatan asesmen kompetensi, bahwasanya Pusat Pelayanan Asesmen Kompetensi merupakan salah satu Pusat di Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Lambung Mangkurat. Lebih lanjut, beliau menuturkan bahwa PPAK termasuk yang menjadi unggulan dari 25 Pusat yang ada di Universitas Lambung Mangkurat. Selain itu, PPAK juga termasuk 5 besar yang paling aktif di Universitas Lambung Mangkurat.

Selanjutnya, sambutan tertulis dari Ketua Tim Panitia Seleksi Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Utara Ir. H. Jainal Abidin disampaikan oleh perwakilan dari Tim Panitia Seleksi Terbuka JPT Pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Barito Utara tahun 2020 Drs. Abdurrahman, M.Si pada dasarnya mengemukakan pentingnya kegiatan asesmen atau uji ini, yang juga telah diatur dalam Peraturan yang ada sebagai salah satu tahapan yang harus dilalui para peserta dalam rangkaian kegiatan Seleksi Pengisian Jabatan Tinggi di Pemerintahan. Kompetensi menjadi salah satu pertimbangan dalam pengelolaan SDM Aparatur. Kegiatan ini diharapkan mampu menghasilkan pegawai yang profesional dan mampu mewujudkan pelayanan prima dengan semangat kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, kerja berkualitas dan kerja tuntas.

Kegiatan asesmen kompetensi ini merupakan salah satu tahapan dari serangkaian kegiatan guna menyeleksi calon-calon pejabat pimpinan tinggi pratama. Ada 15 Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama yang lowong dan coba diisi pada Seleksi Terbuka ini, yakni Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Keuangan, Asisten Sekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Sekretaris DPRD Kabupaten Barito Utara, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan, dan Olah Raga, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Persandian, Kepala Dinas Pertanian dan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupate Barito Utara.