PPAK ULM Dipercaya Asesmen (Uji) Kompetensi Pejabat di Universitas Lambung Mangkurat

Banjarmasin. Pusat Pelayanan Asesmen Kompetensi Universitas Lambung Mangkurat (PPAK ULM) laksanakan Assessment (Uji) Kompetensi seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Kepala Biro Perencanaan, Kerjasama dan Hubungan Masyarakat Universitas Lambung Mangkurat pada Senin (24/8/2020).

“Alhamdulillah Universitas telah mempercayakan assesmen kompetensi calon kepala bironya atau Pejabat Eselon 2 nya kepada PPAK ULM,” ujar Koordinator PPAK ULM Muhammad Syarif Hidayatullah, S.Psi, M.Psi saat disambangi media ini, Rabu, (26/8/2020).

Hidayat menyampaikan, assessmen kali ini merupakan assesmen kedua yang dilakukan oleh pihaknya pada bulan Agustus 2020 ini, sebelumnya telah laksanakan uji kompetensi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Tabalong pada Kamis dan Jumat (20-21/8/2020) lalu.

“Ya Alhamdulillah kita juga dipercaya Pemkab Tabalong untuk assesmen pejabatnya pada Kamis lalu, kita laksanakan langsung tapi tetap memperhatikan aturan protokol kesehatan,” pungkas pria yang akrab disapa Hidayat.

Assesmen Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Kepala Biro Perencanaan, Kerjasama dan Hubungan Masyarakat ULM dilakukan kepada dua kandidat yakni Sitti Aisyah, SE yang saat ini menjabat Kepala Bagian Kerjasama dan Humas ULM dan Drs Parmasihat saat ini menjabat Kepala Bagian Tata Usaha Fakultas Teknik ULM bertempat di Ruang Rapat Senat Lantai 3 Rektorat Universitas Lambung Mangkurat, Jalan Brigjen H. Hasan Basri Banjarmasin.

Kegiatan yang dilaksanakan dari pukul 09.00 hingga 16.00 Wita ini selain dihadiri oleh kedua kandidat dan tim Asesor (penguji) turut hadir pula tim panitia seleksi yakni bagian kepegawaian rektorat.

Hidayat menerangkan assesmen yang dilakukan oleh pihaknya merupakan salah satu tahapan dari rangkaian uji yang dilakukan oleh Panitia Seleksi.

“Hasil assesmen ini akan digabung dengan penilaian-penilaian yang lain, jadi assesmen yang kita lakukan merupakan salah satu bagian tahapan dari rangkaian seleksi terbuka JPT Pratama,” terang Hidayat.

Hidayat pun menjelaskan assesmen meliputi Potensi diantaranya Kapasitas Berpikir, Sikap Kerja, Motivasi dan Karakter kemudian Kompetensi Manajerial dan Kompetensi Sosial Kultural sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Apatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan RB) adapun untuk hasil lengkap assesmen jabatan rencananya akan diserah kepada panitia seleksi pada Senin (31/8/2020) mendatang.

“Rencana hasil lengkap assesmen akan kita serahkan ke Pansel pada Senin mendatang, namun kita telah melaksanakan rapat asesor,” pungkas Hidayat.

sumber: kalseltoday.co.id