Asesmen (Uji) Pemetaan Kompetensi terhadap Pejabat Administrator (Eselon III) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kapuas

BANJARMASIN – Sebanyak 64 orang terdiri dari Pejabat Eselon III.a/III.b dilingkungan Pemkab Kapuas mengikuti Pemetaan Kompetensi (Talent Pool) yang diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) bekerjasama dengan Pusat Pelayanan Asesmen Kompetensi (PPAK) Universitas Lambung Mangkurat.

Kegiatan tersebut berlangsung selama 2 (dua) hari tanggal 22 November s/d 23 Nopember 2019, dibuka oleh Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kapuas Ilham Anwar, Jum’at (22/11/2019) pagi di salah satu hotel berbintang di Banjarmasin.

Dalam sambutan tertulis Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat dibacakan Ilham Anwar menyampaikan bahwa kompetensi sudah menjadi salah satu tolok ukur kemampuan seseorang dalam bekerja guna mendapatkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, berkapasitas dan mampu mengangkat kinerja organisasi. Dengan pemetaan kompetensi tersebut menjadi bukti komitmen pemerintah untuk mendorong kemajuan Pemerintah Kabupaten Kapuas.

Lebih lanjut dalam sambutan tertulisnya, Ben menyampaikan bahwa kompetensi telah menjadi salah satu pertimbangan wajib dalam setiap tahapan pengelolaan SDM Aparatur dan sebagai bentuk komitmen nyata melalui agenda reformasi birokrasi Kabupaten Kapuas. Dirinya menjelaskan bahwa pembenahan sektor SDM menjadi salah satu agenda utama Pemerintah Kabupaten Kapuas untuk mewujudkan tata kelola SDM Aparatur yang mampu menghasilkan pegawai yang profesional dan mampu mewujudkan pelayanan prima dengan semangat kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, kerja berkualitas dan kerja tuntas.

“Saya berharap pemerintahan yang saya pimpin mampu untuk bekerja cepat, tepat, profesional dan berkinerja, membawa Kabupaten Kapuas menjadi salah satu pemerintah daerah yang terdepan dalam pelayanan dan juga pembangunan, untuk itu saya membutuhkan orang-orang yang mampu mendukung saya mewujudkan mimpi masyarakat Kabupaten Kapuas,” ungkap Bupati dalam sambutannya.

Kepala BKPSDM Kabupaten Kapuas Aswan dalam laporannya yang dibacakan oleh Kepala Bidang Pengembangan Kompetensi Aparatur Yunantoro Pujianto menyampaikan bahwa pelaksanaan pemetaan kompetensi (talent pool) bagi PNS di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kapuas ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan dan akan menjadi program yang bekelanjutan dimasa yang akan datang. Diungkapkannya bahwa peserta kegiatan pemetaan kompetensi tersebut diikuti oleh sebanyak 65 orang Pejabat Administrator di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kapuas dan dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 22 sampai dengan 23 November 2019.

Terkait kerjasama dengan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, dirinya menjelaskan bahwa ini merupakan kerjasama kali kedua yang mana sebelumnya Pemerintah Kabupaten Kapuas telah bekerjasama dengan PPAK ULM pada sesi kegiatan yang serupa yaitu uji kompetensi untuk peserta seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama.

Pada kesempatan itu, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin diwakili oleh Koordinator Pusat Asesmen Kompetensi M. Syarif Hidayatullah mengungkapkan bahwa pada pemetaan kompetensi tersebut tidak hanya menilai dari unsur kompetensi saja melainkan juga menambahkan indikator potensi. Lebih lanjut, Hidayatullah menyampaikan apresiasi terhadap Kabupaten Kapuas karena perhatiannya pada kualitas SDM, adapun talent pool adalah sesuatu yang patut diterapkan oleh setiap daerah agar dapat dipetakan kompetensi maupun potensi yang dimiliki oleh PNS. Dengan adanya pemetaan, maka dapat diketahui apa kelemahan dan kelebihan bagi setiap orang sehingga bisa diarahkan pada upaya penempatan pejabat yang tepat dan pengembangan PNS yang efektif.

Hadir pula pada kegiatan tersebut, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Ahmad M Saribi, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kapuas H Junaidi dan Segenap Kepala Perangkat Daerah terkait dan Tim Asesor dari PPAK Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.