SEMINAR NASIONAL ASOSIASI PSIKOLOGI INDUSTRI DAN ORGANISASI 2019 “APIO untuk Pengembangan UMKM”

Asosiasi Psikologi Industri dan Organisasi (APIO) menggelar Seminar Nasional bertajuk APIO untuk Pengembangan UMKM, Sabtu (05/10/2019), di Kampus Utama Universitas Muhammadiyah (UM) Banjarmasin. Pada seminar ini, narasumber yaitu Ketua APIO Induk yang juga dosen Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada Dr. Sumaryono, M.Si.,Psikolog, Ketua Hipmikindo Kalsel Yeni Mulyani, dan Owner Bawang Goreng Makyem Dwi Farid Y. A, SE.

Dalam sambutan laporannya, Ketua Panitia M. Syarif Hidayatullah, M.Psi.,Psikolog menyampaikan Temu Ilmiah Nasional Asosiasi Psikologi Industri dan Organisasi 2019 diharapkan mendorong kolaborasi dan sinergi pemikiran-pemikiran baik dari ilmuwan, pemerhati, pemegang kebijakan dan pelaku UMKM sendiri yang suatu saat diharapkan kelak dapat dapat bersama-sama mengambil peran strategis untuk kesejahteraan di Indonesia.

 

Ketua APIO Induk sekaligus salah satu narasumber dalam seminar ini, Dr. Sumaryono, M.Si.,Psikolog mengungkapkan bahwa harapannya APIO bisa berkontribusi pada pengembangan-pengembangan seperti UMKM apalagi UMKM menjadi pilar ekonomi. Berkontribusi pada pengembangan Sumber Daya Manusianya dan strategi marketingnya secara psikologis, dengan demikian keberadaan APIO dapat bermanfaat bagi lingkungan sekitar dan juga bagi negeri ini.

Selanjutnya, Rektor UM Banjarmasin mengatakan bahwa kami merasa apa yang diselenggarakan oleh APIO ini sangat relevan dengan visi yang ingin kami kembangkan, yaitu menyiapkan para alumni yang mempunyai jiwa enterpreneur sehingga tentu saja dengan perubahan yang sangat cepat ini mahasiswa harus siap sehingga apa yang disampaikan oleh para psikolog ini sangat relevan, terimakasih Universitas Muhammadiya Banjarmasin diberi kesempatan untuk menyelenggarakan acara ini.

Temu Ilmiah Nasional Apio 2019 ini dilaksanakan 4 – 5 Oktober 2019 ini sendiri terdiri dari 3 (tiga) rangkaian kegiatan meliputi workshop Membangun pasar dengan Brand Value dan Talent Management dengan total peserta sebanyak 57 peserta, Seminar Nasional dengan total peserta sebanyak 261 peserta belum termasuk tamu undangan dan Call for Paper yang masuk sampai tahap presentasi sebanyak 49 judul, yang berasal dari berbagai daerah.

Temu Ilmiah Nasional Apio 2019 ini disponsori oleh Bank Kalsel, Maybank, Divaroetji, Pusat Pelayanan Asesmen Kompetensi Universitas Lambung Mangkurat, Talenta Aditama dan LPT Global.