Assessment Center Seleksi Terbuka Pejabat Eselon II Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kapuas Tahun 2019

Banjarmasin. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas Provinsi Kalimantan Tengah bekerja sama dengan Pusat Pelayanan Asesmen Kompetensi Universitas Lambung Mangkurat (PPAK ULM) menggelar uji kompetensi (assessment center) untuk para calon pejabat struktural eselon II atau Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama. Asesmen dilaksanakan di salah satu hotel di Banjarmasin selama dua hari, Senin (09/09) – Selasa (10/09).

Ada 17 jabatan yang ingin diisi pada perhelatan kegiatan seleksi ini, yaitu Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah, Inspektur, Kepala BKPSDM, Kepala Kesbangpol, Kepala Bappeda, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kepala Diskominfo, Kepala Dinas LH, Kepala Dinas PMD, Kepala Dinas PPPA PP dan KB, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Perindagkop dan UKM, Kepala Dinas Sosial, Kepala Disnaker, Kepala Dinas Transmigrasi dan Kepala Satpol PP dan Damkar. Sedangkan, jumlah peserta yang lolos hingga dapat mengikuti uji kompetensi (assessment center) berjumlah 48 orang. Sebelumnya, semua pelamar telah tersaring pada tahap administrasi dan tahap uji makalah oleh tim panitia seleksi.

“Uji kompetensi atau assessment center adalah salah satu tahapan yang wajib dilalui, para peserta diharapkan bersemangat, kita bekerjasama dengan lembaga asesmen dari Universitas Lambung Mangkurat, ada 48 peserta yang masuk mengikuti asesmen, semoga sukses,“ujar Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Andres Nuah SE, M.Si menyampaikan sambutan sekaligus membuka acara asesmen, Senin (09/09).

Asesmen ini, terang M. Syarif Hidayatullah, M.Psi.,Psikolog selaku Koordinator PPAK ULM sesuai aturan pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi di Lingkungan Pemerintah. Metode yang digunakan adalah assessment center yang berbeda dengan psikotes. Lebih lanjut, ia menyampaikan kebanggan dan rasa terima kasih karena kepercayaan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Kapuas untuk bermitra dengan Pusat Pelayanan Asesmen Kompetensi ULM dalam rangka melaksanakan uji kompetensi atau assessment center ini, mudah-mudahan kami bisa mengembannya dengan baik,” katanya.