Asesmen Kompetensi (Assessment Center) Seleksi Terbuka Pengisian JPT Pratama/Eselon II Kepala Disnakertrans dan Kepala Balitbangda Kabupaten Balangan 2019

Banjarmasin. Kamis – Jum’at (8 – 9 Agustus 2019), Pemerintah Kabupaten Balangan kembali melaksanakan Asesmen (uji) Kompetensi atau Assessment Center dalam rangka pengisian 2 (dua) Jabatan Struktural Eselon II, yaitu Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi dan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Pemkab Balangan dalam hal ini Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Balangan bekerjasama dengan Pusat Pelayanan Asesmen Kompetensi Universitas Lambung Mangkurat (PPAK ULM).

Dalam pengantarnya, Kepala Bidang Mutasi BKPP Kabupaten Balangan Sumedi M.Pd menyampaikan bahwa perlu diketahui kegiatan asesmen ini tidak ada intervensi, dan juga perlu diketahui bahwa hasil dalam kegiatan seleksi ini adalah 3 (tiga) besar untuk masing-masing jabatan sehingga hak Pejabat Pembina Kepegawaian dalam hal ini Bupati untuk menentukan siapa yang akan dilantik. Hal tersebut tertuang dalam aturan, sehingga jangan salah memperkirakan bahwa peringkat 1 (satu) sudah pasti yang akan dilantik.

Adapun koordinator PPAK ULM, M. Syarif Hidayatullah, M.Psi.,Psikolog menyatakan bahwa kegiatan asesmen mengacu pada kaidah-kaidah pengukuran atau penilaian kompetensi. Metode yang dilaksanakan adalah assessment center sebagaimana metode yang seharusnya dilakukan untuk melakukan penilaian atau uji kompetensi terhadap peserta seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama. Tidak lupa koordinator PPAK ULM menyampaikan rasa terimakasih dan kebanggaan bisa dipercayayakan kembali untuk menjadi mitra dalam melakukan kegiatan asesmen kompetensi.

Untuk Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi sendiri terdapat 7 (tujuh) pelamar yang bersaing. Sedangkan, untuk Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah ada 9 (sembilan) pelamar yang berminat dan bersaing.