Tim PPAK ULM Melaksanakan Assessment Center terhadap Para Pejabat di Lingkungan RSUD Brigjend H. Hasan Basry Kandangan

(Tim Pusat Pelayanan Asesmen Kompetensi Universitas Lambung Mangkurat (PPAK ULM) bersama dengan Bupati Hulu Sungai Selatan Drs. H. Achmad Fikry, M.AP. Turut hadir pula Sekretaris Daerah HSS Drs. H. Muhammad Noor, M.AP, Direktur RSUD Brigjend H. Hasan Basry Kandangan dr. Hj. Rasyidah,M. Kes, Kepala BKD Diklat H. Zulkipli,S.Sos., M. AP)

Sebanyak 21 orang pejabat struktural dan fungsional di lingkungan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Brigjend H. Hasan Basry Kandangan mengikuti asesmen kompetensi (assessment center) sebagai evaluasi dan pemetaan sehingga dapat menjadi bahan bagi pimpinan dalam mengambil keputusan.

Dalam arahannya, Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Drs. H. Achmad Fikry, M.AP menyatakan bahwa asesmen ini adalah hal biasa dilakukan untuk pejabat eselon II dan pejabat eselon III. Hasil asesmen menjadi bahan pertimbangan bagi pimpinan dalam menempatkan pegawai. Ada orang yang cocok bekerja di struktural ada orang yang tidak cocok karena struktural akan banyak pada kegiatan ceremonial, karena itu  komunikasi menjadi hal penting, sebaliknya fungsional juga baik karena banyak diberikan ruang berkarya. Jadi hal ini bukan berkaitan dengan lebih hebat atau lebih diperlukan mana antara struktural dan fungsional.

Ditambahkan oleh Bupati bahwa penempatan seorang pejabat itu tidak bisa main-main atau coba-coba walaupun tidak bisa sempurna namun paling tidak yang mendekati. Asesmen menjadi fator penilaian yang dapat menjadi bahan pimpinan dalam mengambil keputusan.

Lebih lanjut, Bupati mengucapkan terimakasih kepada tim asesor dari ULM yang selama ini membantu Pemerintah Daerah untuk melakukan asesmen terhadap para pejabat di Lingkungan Kabupaten HSS. Asesmen terakhir adalah asesmen Seleksi Sekretaris Daerah. Bupati juga menyampaikan bahwa seringkali kita lihat beberapa daerah melaksanakan asesmen keluar daerah namun HSS tetap memilih asesmen di ULM sebagai upaya memberdayakan dan membesarkan ULM, Universitas yang dimiliki oleh Kalimantan Selatan. Lagi pula, para asesor juga memiliki sertifikat.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur RSUD Brigjend H Hasan Basry Kandangan dr. Hj.Rasyidah,M.Kes melaporkan bahwa RSUD Brigjend H Hasan Basry Kandangan merupakan SKPD pertama yang melaksanakan asesmen. Asesmen ini sudah dilaksanakan sejak kemarin tanggal 1 Juli dan hari ini tanggal 2 Juli 2019 dilanjutkan dengan wawancara, peserta asesmen seharusnya 22 orang namun tidak hadir 1 orang sehingga diikuti oleh 21 orang. Asesmen ini dibantu oleh/dari Tim Pusat Pelayanan Assessment Kompetensi Universitas Lambung Mangkurat.

Koordinator Pusat Pelayanan Asesmen Kompetensi Universitas Lambung Mangkurat (PPAK ULM) M. Syarif Hidayatullah, M.Psi., Psikolog menyampaikan rasa terimakasih atas kerjasama yang dilakukan. Hal ini merupakan kepercayaan yang berharga karena Kabupaten HSS selalu memercayakan PPAK ULM untuk melakukan asesmen terhadap para pejabatnya. Mudah-mudahan kami selalu bisa menjaga setiap kepercayaan yang diberikan, tutupnya.

Turut hadir pula Sekretaris Daerah HSS Drs.H.Muhammad Noor, M.AP dan Kepala BKD Diklat H. Zulkipli, S.Sos, M.AP.

(Humas Pemkab HSS & Admin PPAK)