Asesmen Kompetensi (Assessment Center) Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama (eselon II) di Lingkungan Pemerintah Kab. Balangan Tahun 2019

Pemerintah Kabupaten Balangan kembali melakukan seleksi terbuka dalam rangka pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama yang pada tahun 2019 ini kosong. Asesmen Kompetensi (assessment center) Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama dilaksanakan pada tanggal 5 – 6 Maret 2019.

Diketahui bahwa ada 3 (tiga) jabatan yang akan diisi, yaitu Kepala Badan Keuangan Daerah, Kepala Dinas Kesehatan dan Kepala Dinas Perikanan. Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama ini sebagaimana diterangkan oleh Koordinator Pusat Pelayanan Asesmen Kompetensi Universitas Lambung Mangkurat (PPAK ULM) bahwa pelaksanaan asesmen ini menggunakan metode assessment center.

Dalam kegiatan asesmen ini, para peserta akan dipotret atau dinilai kompetensinya, utamanya kompetensi manajerial dibandingkan nantinya dengan standar kompetensi yang diharapkan dari pejabat tinggi pratama (eselon II). Secara detail, materinya terdiri dari psikometri, in basket/ in tray execise, problem analysis, leaderless group discussion, self report dan tidak ketinggalan wawancara berbasis perilaku atau kompetensi.

Dalam melakukan proses seleksi terbuka ini, panitia dari Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan yaitu Kepala Bidang Mutasi Kabupaten Balangan Sumedi, M.Pd menerangkan tahapan seleksi JPT  Pratama terdiri atas 4 tahapan, lebih lanjut beliau menyampaikan agar setiap peserta menyiapkan diri karena akan ada presentasi makalah.

Koordinator PPAK ULM M. Syarif Hidayatullah, M.Psi.,Psikolog juga menerangkan bahwa melalui asesmen kompetensi dengan metode assessment center ini para asesor mencoba mengamati dan menggali kompetensi-kompetensi yang ditentukan sehingga diharapkan peserta dapat menunjukkan kemampuan terbaiknya. Selain itu, tidak lupa disampaikan terima kasih atas kepercayaannya dari pihak BKPP Kabupaten Balangan yang kembali memercayakan kegiatan asesmen kompetensi kepada PPAK ULM, semoga kami bisa terus mengemban kepercayaan ini,” tutupnya.