Penilaian Kompetensi (assessment) Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon II) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Barito Kuala Tahun 2018

Pemerintah Kabupaten Barito Kuala bergerak untuk mendukung birokrasi progresif, responsif dan partisipatif dalam rangka pelayanan publik, tugas pemerintahan dan pembangunan. Pada hari kamis – jum’at tanggal 20-21 Desember 2018 Pemerintah Kabupaten Barito Kuala telah melaksanakan Asesmen Kompetensi Seleksi Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (eselon II) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Barito Kuala.

Dikemukakan oleh Kepala BKPP Pemerintah Kabupaten Barito Kuala Drs. H. Hardian Noor, M.Si, kegiatan ini sesuai amanah Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 13 Tahun 2014 tentang Tata Cara Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi di Lingkungan Instansi Pemerintah. Salah satu aspek penting dari tahap seleksi yang harus dilakukan adalah melakukan asesmen kompetensi terhadap para peserta. Asesmen kompetensi memiliki kedudukan penting dalam proses seleksi keseluruhan.

Koordinator PPAK ULM M. Syarif Hidayatullah mengapresiasi bahwa asesmen kompetensi memiliki kedudukan penting dalam proses seleksi keseluruhan dan kerjasama dari pihak BKPP Kabupaten Batola yang juga sangat baik. PPAK ULM berupaya memberikan kualitas terbaik atas kepercayaan Pemkab Batola kepada Pusat Pelayanan Asesmen Kompetensi Universitas Lambung Mangkurat (PPAK ULM).

Pada asesmen kompetensi ini, dihadiri oleh 23 peserta dengan jumlah formasi JPT Pratama (eselon II) sebanyak 6 (enam) Jabatan yaitu Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas PUPR, Kepala Dinas Pertanian TPH, Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, Budaya dan Pariwisata, Kepala BPKAD, Staf Ahli Bupati Bidang Politik dan Pemerintahan. Para peserta nampak antusias dalam menampilkan kemampuannya.

Adapun asesor yang bertugas pada kegiatan ini sebanyak 3 (tiga) asesor yaitu M. Syarif Hidayatullah, Rooswita Santia Dewi dan Muhammad Arsyad serta dibantu oleh 2 (dua) asisten asesor.