Tes (Assesment) Kompetensi Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (eselon II) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah

Pemerintah kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) bergerak untuk meningkatkan efektivitas dan kualitas sumber daya manusia. Guna menunjang hal tersebut, Pemkab HST menggelar Tes Kompetensi (Assessment) Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah pada tanggal 01-02 Oktober 2018. Kegiatan di laksanakan di AULA Bappelitbangda HST dan dihadiri 27 peserta. Adapun jabatan yang dilakukan pengisian dalam kegiatan seleksi ini sebanyak 6 jabatan, terdiri dari Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata, Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan, dan Kepala Dinas Perpustakaan.

Tahap seleksi tes kompetensi (assessment) sendiri Pemkab HST bekerja sama dengan LPPM ULM dengan pelaksananya adalah Pusat Pelayanan Asesmen Kompetensi (PPAK) ULM , dimana tim dari PPAK ULM berhadir ke HST untuk melaksanakan kegiatan asesmen kompetensi ini.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Kabupaten Hulu Sungai Tengah  Ahmad Fathoni mengatakan, bahwa saat ini terjadi perubahan paradigma manusia dalam organisasi dari sebagai Human Resources menjadi Human Capital, efektivitas organisasi sangat ditentukan oleh kualitas sumber daya manusianya sehingga peningkatan kualitas dan kinerja harus terus dilakukan.

Sementara, koordinator PPAK ULM, M. Syarif Hidayatullah menambahkan, mengapresiasi Pemkab HST dalam hal ini BKPSDMD yang menggelar kegiatan asesmen kompetensi dan memercayakan seleksi kepada PPAK ULM guna mencari kandidat terbaik yang akan mengisi jabatan-jabatan yang telah ditentukan. Pemkab HST dalam hal ini BKPSDMD memiliki pandangan yang maju dan sesuai perubahan zaman pada bidang pengelolaan SDM dalam era sekarang ini.

Pada kegiatan ini, ada sebanyak 4 (empat) asesor dan 3 (tiga) asisten yang bertugas dari PPAK ULM. Adapun asesornya yaitu M. Syarif Hidayatullah, Muhammad Arsyad, Rooswita Santia Dewi dan Diah Herawati.

Seleksi JPT Pratama Pemkab HST ini sendiri sudah diumumkan sejak beberapa bulan lalu dan telah berkoordinasi ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).