Asesmen Kompetensi Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama (eselon II) di Lingkungan Pemerintah Kab. Balangan

Pada hari Rabu dan Kamis, 8 – 9 Agustus 2018. Pemerintah Kabupaten Balangan kembali menggelar Seleksi Terbuka tahap Asesmen Kompetensi untuk para pelamar Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama. Kegiatan Asesmen Kompetensi diikuti oleh 16 peserta yang telah lulus seleksi administrasi, terdiri dari 10 orang pelamar Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan 6 orang pelamar Kepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

Pelaksanaan Asesmen ini merupakan salah satu tahapan dalam proses seleksi terbuka. Dalam asesmen ini, para peserta akan digali kompetensinya, utamanya kompetensi manajerial yang dimiliki melalui metode assessment center. Kegiatan dilaksanakan hasil kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Balangan dan Universitas Lambung Mangkurat yang dalam hal ini dilaksanakan oleh Pusat Pelayanan Asesmen Kompetensi Universitas Lambung Mangkurat.

Pelaksanaan asesmen kompetensi adalah penerapan dari Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil yang didasarkan pada kualifikasi, kompetensi dan kinerja. Dalam kesempatan tersebut, Kabid Pengembangan Pegawai dan Mutasi Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kabupaten Balangan, Sumedi, M.Pd menyampaikan besarnya animo ASN untuk mengikuti kegiatan seleksi terbuka ini, dan kegiatan ini telah melalui koordinasi dan konsultasi dengan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Kami senang kerjasama terus terjalin, para peserta antusias dan panitia dari tim BKPPD Kabupaten Balangan sangat membantu dalam kegiatan asesmen kompetensi ini sehingga kegiatan berjalan lancar dan insya Allah hasilnya berkualitas“ucap Koordinator PPAK ULM, M. Syarif Hidayatullah. Adapun asesor yang bertugas adalah M. Syarif Hidayatullah, Rooswita Santia Dewi dan Muhammad Arsyad, ketiga asesor berpengalaman dan bersertifikasi Assessment Center Assessor.