SEMINAR DUNIA KERJA “Menjadi Seorang Fresh Graduate yang Berkompetensi”

Setelah lulus menempuh pendidikan, baik setingkat SMA/SMK maupun kuliah, banyak harapan yang ingin dicapai dalam hidup. Hal yang umum adalah memutuskan apa yang hendak dilakukan, beberapa orang memutuskan mengambil pendidikan selanjutnya, beberapa orang memilih berwirausaha dan banyak orang berpikir bagaimana memperoleh pekerjaan yang mapan. Pekerjaan yang mapan dan sesuai dengan minat dan kemampuan yang dimiliki adalah idaman hampir seluruh individu. Namun demikian, hal itu bukanlah hal yang mudah untuk didapatkan, apalagi jika tidak memiliki bekal yang cukup untuk menembus persaingan dunia kerja. Bekal yang dimiliki menjadi amunisi agar persaingan menjadi mudah untuk ditaklukan.

Pusat Pelayanan Asesmen Kompetensi Universitas Lambung Mangkurat (PPAK ULM) sebagai badan resmi yang dibentuk ULM yang memiliki fungsi utamanya untuk memberikan pelayanan Asesmen Kepegawaian, merasa perlu untuk secara aktif berkontribusi dalam membantu individu-individu khususnya fresh graduate untuk dapat bersaing dan menembus persaingan kerja dan mendapatkan pekerjaan yang diidamkan. PPAK ULM mengadakan Seminar Dunia Kerja yang kali ini bertemakan Menjadi Fresh Graduate yang Berkompetensi “Apa yang Dunia Kerja Inginkan dari seorang Fresh Graduate”. Rangkaian acara meliputi Psikotes Plus dan Seminar Dunia Kerja. Acara ini dikhususkan untuk para fresh graduate, maupun mahasiswa dan mahasiswi yang tertarik terhadap realita dunia kerja. Hal ini sesuai kenyataan bahwa selain lulusan D3 maupun S1, acara ini juga diikuti oleh mahasiswa dan mahasiswi yang baru menginjak semester-semester awal. Jumlah peserta yang mendaftar mencapai 42 orang. Mereka bersedia mengeluarkan biaya, tenaga dan waktu untuk mengikuti kegiatan seminar yang dianggap penting ini untuk kesiapan menghadapi dunia kerja.

Kegiatan seminar ini dilaksanakan pada hari Sabtu (14/04) di ruang Meratus Hotel Banjarmasin International. Dan yang menjadi menarik, seminar ini menghadirkan pembicara yang meskipun lokal Kalimantan Selatan namun memiliki kompetensi, kredibel dan berpengalaman tidak hanya di tingkat lokal terkait dengan topik bagaimana menembus dan menghadapi dunia kerja diantaranya M. Syarif Hidayatullah, M.Psi.,Psikolog Koordinator Pusat Pelayanan Asesmen Kompetensi ULM yang juga selain bekerja sebagai dosen juga telah berpengalaman sebagai praktisi di bidang rekrutmen dan asesmen, Iwan, SE selaku Pimpinan Divisi Sumber Daya Manusia di Bank Kalsel yang notabene pejabat tertinggi dalam urusan sumber daya manusia di Bank Kalsel milik kebanggaan masyarakat Kalimantan Selatan dan terakhir adalah Shanty Komalasari, M.Psi.,Psikolog selaku Sekretaris yang mewakili Asosiasi Psikologi Industri dan Organisasi (APIO) Kalimantan Selatan. Turut hadir dari Bank Kalsel yang memberikan sharing adalah dari Bidang Penerimaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan dari Bidang Humas.

Banyak wawasan dan pengetahuan yang diperoleh peserta yang dapat membantu mereka menghadapi persaingan dunia kerja. Para peserta juga memanfaatkan momen kegiatan ini untuk sharing mengenai hal-hal yang mereka khawatirkan dan bagaimana mengatasinya agar mampu menghadapi persaingan dunia kerja. Secara umum, acara berjalan lancar dan sukses meskipun waktu yang direncanakan untuk selesai agak mundur dikarenakan antusiasme dari peserta dan bahkan para pembicara sendiri menjadikan mereka lupa waktu, ringkasnya para peserta nampak puas “kata Moch. Raka Kurniawan, S.Psi selaku Ketua Pelaksana Acara Seminar Dunia Kerja ini.

Acara Seminar Dunia Kerja ini disponsori oleh Bank Kalsel dengan media partner Abdi Persada 104,7 FM dan didukung oleh Benawa Digital Printing dan APIO.